Senin, 05 Desember 2011

POLMEN-PROVOOST MENWA

Widya Castrena Dharmasiddha

POLMEN-PROVOOST MENWA
adalah bagian integral dari RESIMEN MAHASISWA yang merupakan kependekan dari POLISI RESIMEN. POLMEN merupakan satuan penegak disiplin dan pemelihara ketertiban Menwa, yang berlaku secara nasional maupun kedaerahan (Skomenwa). Untuk tingkatan Satuan biasa disebut PROVOOST, dengan fungsi yang sama.

Perbedaan utama antara Provoost dan Polmen adalah hanya pada tingkatan pendidikan dan penggunaan kewenangan. Provoost berlaku dalam internal Satuan atau antar Satuan disaat sedang ada kegiatan atau latihan bersama dalam satu Skomen, sebagai Pelaksana Harian Ketertiban (Hartib) maupun Pelaksana Penegakkan Disiplin, Hirarki dan Pengawalan (Gakdis Kiwal). sedangkan Polmen berlaku secara nasional, lintas satuan dan Skomen sebagai unsur pelayanan komando dibidang Hartib dan Gakdis Kiwal.

Sebelum Rakomnas 2006, Polmen belum berlaku nasional karena belum merata penyebarannya disetiap Skomen. namun setelah Rakomnas yang melatar belakangi berdirinya Komando Nasional Menwa Indonesia (KONAS MENWA) maka Polmen mengalami reposisi strategis dan ditingkatkan peran serta fungsinya menjadi lingkup nasional.

Pendidikan Polmen secara nasional kali pertama atau angkatan I diadakan di PUSDIKPOM, Cimahi - Jawa Barat tahun 2008 yang diikuti 72 peserta dari seluruh Indonesia. Dan lulusan Dikpolmen tersebut telah disalurkan kembali ke Satuan/Skomen asal untuk difungsikan sekaligus memiliki wewenang untuk melatih/mendidik calon Provoost di setiap Satuan.

Group ini di bentuk dan di Kordinasikan oleh KONAS MENWA untuk menghimpun seluruh POLMEN dan PROVOOST agar dapat saling berinteraksi, bertukar pengalaman, memperkuat jaringan tugas, pokok dan fungsi serta memperkuat silahturahmi serta menebalkan jiwa korsa. Secara umum semua anggota Menwa, Alumni dan simpatisan juga tidak dilarang untuk bergabung.

POLMEN dan PROVOOST selalu siap mengabdi, menegakkan disiplin, hirarki dan kewibawaan organisasi MENWA Indonesia.

Berbakti dan mengabdi secara total untuk NKRI.

Jayalah Baret Ungu, Kembangkan bersama Barisan POLMEN dan PROVOOST MENWA INDONESIA.

1 komentar:

Denny mengatakan...

Tetap semangat & jaga kekompakak

Posting Komentar